Cara Berinvestasi Emas di Pegadaian secara Online

28 Juni 2017

Di tengah situasi ekonomi bangsa yang kian sulit dibutuhkan upaya kreatif untuk menumbuh kembangkan harta benda. Salah satunya dengan cara investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa sobat lakukan. Dari investasi yang sederhana bagi pemula dengan modal kecil sampai investasi rumit dengan modal besar. Namun pada waktu pagi yang berbahagia ini, penulis akan mengupas mengenai cara bertanam investasi emas di pegadaian secara online.

Mengenal Investasi
Orang yang melakukan investasi dengan orang yang tidak berinvestasi sangat berbeda. Hal inilah yang ingin diungkapkan Allah SWT dalam Al Qur’an. Bahwa samakah orang yang berbuat baik dengan orang yang tidak. Tentu tidak sama. Dan samakah orang yang melakukan investasi saat ini dan orang yang tidak. Pasti tak sama. Masa depan akan diraih secara sukses dan gemilang hanya oleh orang-orang yang berinvestasi. Sedangkan orang yang tak memiliki kegiatan investasi akan merugi dan hidup sengsara.

Oleh sebab itu, penulis mengajak kepada para pembaca sekalian marilah kita sejak detik sekarang untuk melakukan kegiatan investasi walaupun secara kecil hingga skala besar. Agar kehidupan di masa mendatang bisa hidup bahagia dan lebih baik. Dalam arti investasi dalam kebaikan maupun dalam kegiatan ekonomi.
investasi emas, investasi emas pegadaian, investasi emas online, investasi emas pegadaian online, investasi online, emas pegadaian

Di antara instrumen investasi yang banyak sekali seperti investasi deposito, investasi properti, apartemen, rumah kontrakan, kost-kostan, ruko, investasi reksadana, investasi saham syariah, investasi bisnis, investasi obligasi dan lain-lain. Ada salah satu jenis instrumen investasi yang saat ini sedang populer dan booming serta trend di tahun ini yaitu investasi emas di pegadaian secara online maupun offline.

Beli Emas di Pegadaian secara Tunai atau Kredit?
Kita dapat dengan mudah menjumpai lembaga pegadaian di berbagai tempat, kota dan wilayah di Indonesia. Dari mulai lembaga pegadaian konvensional maupun pegadaian syariah. Yang keduanya melayani masyarakat dalam melakukan gadai barang. Selain itu, untuk menambah pelayanan maksimal kepada masyarakat luas, saat ini lembaga pegadaian turut hadir menyediakan layanan investasi emas.

Ada dua cara dalam berinvestasi emas di lembaga pegadaian yaitu beli emas secara tunai dan membeli emas secara mencicil atau dalam istilah disebut menabung emas. Apabila anda memutuskan untuk melakukan investasi dalam bentuk emas tidak serta merta emas harus berada di tangan anda. Investasi tabungan emas di pegadaian maka emas berada dalam kepemilikan pegadaian sampai angsuran lunas.

Slogan lembaga pegadaian yang berbunyi Mengatasi masalah tanpa masalah menjadi bukti bahwa badan usaha milik negara ini berusaha maksimal memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia. Selain solusi dalam mendapatkan uang dari gadai barang. Tapi juga solusi bagi orang yang ingin melakukan investasi emas tanpa takut rugi. Dengan menyediakan layanan tabungan emas dan layanan beli emas secara tunai.

Layanan tabungan emas sama seperti menabung uang di rekening bank. Kita menyetorkan sejumlah uang dalam nominal tertentu sesuai cicilan sampai mencapai nominal tertentu. Dengan berakhirnya angsuran maka anda berhak mendapatkan kepemilikan emas. Tabungan emas di lembaga pegadaian sangat cocok dijalankan bagi kalangan pemula yang memiliki modal terbatas namun sangat ingin berinvestasi.

Adapun kelebihan layanan tabungan emas di pegadaian adalah anda bisa mendapatkan investasi emas secara cepat dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan secara cicilan. Sedangkan kekurangannya, selama dalam proses cicilan maka emas berada di lembaga pegadaian sampai angsuran lunas.

Untuk membeli emas secara tunai di pegadaian maka emas dapat dibawa langsung ke rumah. Beli emas secara cash di lembaga pegadaian cocok sekali dijalankan bagi kalangan investor yang mempunyai modal besar. Apalagi lembaga pegadaian mensyaratkan untuk mulai investasi emas secara tunai harus dimulai dari bobot emas 5 gram sampai 1 kg. Adapun harga emas pergram terkini sebesar Rp 520 ribu.

Bukan hanya lembaga pegadaian syariah dan biasa saja yang menerima layanan investasi emas. Tapi juga Bank Syariah Mandiri juga menerima layanan membeli emas secara tunai dan layanan tabungan emas. Hal ini penulis saksikan sendiri ketika memasuki Kantor Bank Syariah Mandiri terdekat di depan meja teller tampak satu display emas batangan dimulai dari 5 gram. Saat itu penulis melirik deretan emas tersebut. Lalu seorang teller menjelaskan tata cara dan prosedur berinvestasi emas secara syariah di BSM dengan cicilan atau cash. Dimulai dari angsuran Rp 200 ribu perbulan.

Cara Beli Emas di Pegadaian secara Kredit
Membeli emas di pegadaian secara mencicil memang ada. Dan cara ini sama saja dengan menabung emas. Lalu yang menjadi pertanyaan bagaimana cara menabung emas di lembaga pegadaian? Berikut ini tata cara dan prosedur berinvestasi menabung emas di pegadaian secara kredit atau cicilan, antara lain:

1. Membuka Rekening Tabungan Emas
Untuk membuat rekening tabungan emas di pegadaian maka anda bisa membuatnya atas nama pribadi. Kemudian diharuskan menyetor sejumlah uang muka bagi tabungan emas. Dengan melakukan demikian berarti anda sudah terdaftar menjadi nasabah tabungan emas di pegadaian syariah ataupun pegadaian konvensional.

2. Persyaratan Untuk Membuat Tabungan Emas
Untuk membuka rekening tabungan emas sama seperti ketika anda membuka rekening tabungan di sebuah bank. Dimana diperlukan beberapa dokumen sebagai persyaratan administrasi dan umum untuk membuat rekening tabungan emas yang meliputi:

▪ Berusia minimal 21 tahun sampai maksimal 55 tahun

▪ Fotocopy Kartu Tanda Penduduk atau SIM maupun paspor yang berlaku saat ini

▪ Mengisi formulir keanggotaan nasabah tabungan emas secara lengkap

▪ Membayar uang administrasi sebesar Rp 10 ribu

▪ Membayar biaya jasa penitipan emas dalam waktu tertentu


Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian
Ada banyak keuntungan dari seseorang menabung emas di pegadaian, antara lain:

1. Biaya Ringan
Untuk mulai investasi emas di pegadaian jika secara cash tentu memerlukan modal besar. Diumpamakan harga satu gram emas saat ini sekitar Rp 600 ribu. Dan disyaratkan untuk membeli emas secara tunai sebanyak 5 gram. Maka modal uang yang dibutuhkan untuk membeli emas secara tunai sebesar Rp 3 juta. Uang sebesar Rp 3 juta merupakan jumlah uang yang tidak sedikit bagi kalangan menengah ke bawah.

Hal ini berbeda jika seseorang memilih menabung emas maka biaya pembelian emas relatif murah. Dengan angsuran Rp 200 ribu perbulan maka seseorang sudah bisa melakukan investasi emas saat itu juga dengan harga emas terkini. Sehingga keuntungan tabungan emas pegadaian terasa sekali bagi kalangan menengah ke bawah. Dimana bisa dimulai dengan modal kecil dan disesuaikan dengan kemampuan finansialnya. Jika anda ingin lebih ringan biaya investasi beli emas maka bisa mengadakan arisan emas.

2. Aman
Tabungan emas di pegadaian dijamin aman. Karena lembaga pegadaian merupakan lembaga BUMN yang sudah mempunyai citra baik di masyarakat. Emas yang anda cicil akan tersimpan dengan baik di pegadaian selama masa angsuran berlangsung.

3. Dijadikan Jaminan dan Dijual
Selain itu, jika tabungan emas di pegadaian sudah lunas maka anda bisa menjual emas tersebut. Atau anda bisa menjadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga pegadaian. Bagaimana anda tertarik?

Cara Berinvestasi Emas di Pegadaian secara Online
Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi dengan hadirnya internet membuat segala sesuatu menjadi mudah. Segala barang dan jasa dijual lewat internet. Mendaftarkan diri dalam sebuah organisasi atau perusahaan cukup dengan internet. Melamar pekerjaan bisa di internet. Begitupula berinvestasi emas di lembaga pegadaian bisa dilakukan secara online. Hal ini tentu memudahkan calon investor.

Pendek kata, berdasarkan keterangan resmi PT Pegadaian (Persero) saat ini jika anda membeli investasi emas di pegadaian dapat dilakukan secara online, kapan saja dan dimana saja asalkan tersambung dengan internet. Anda bisa melakukan pembelian emas lewat pegadaian di dalam rumah. Yang dinamakan dengan layanan pembelian emas online atau e-Pegadaian Mulia.

Syaratnya anda masuk terlebih dahulu ke dalam situs resmi pegadaian yaitu pegadaian.co.id. kemudian mendaftarkan diri untuk menjadi nasabah e-Pegadaian Mulia. Selanjutnya setelah proses keanggotaan disetujui di internet, anda bisa melakukan pemesanan pembelian emas antam secara online. Dengan cara mengisi form order pembelian emas e-Pegadaian.

E-Pegadaian Mulia merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh PT Pegadaian (Persero) untuk menyalurkan investasi emas kepada masyarakat luas di tanah air secara online atau menggunakan jaringan internet. Anda bisa membeli emas di pegadaian secara online dimulai dari bobot terendah emas sebesar 5 gram sampai 1 kilogram.

Namun untuk berinvestasi emas di pegadaian secara online diperlukan beberapa persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya yaitu anda mempunyai rekening bank di Bank Mandiri dan memiliki fitur clickpay Mandiri untuk bisa bertransaksi. 

Untuk lebih jelas, berikut ini daftar harga emas di lembaga pegadaian, antara lain:

▪ 5 gram harga Rp 2.650.000
▪ 10 gram harga Rp 5.250.000
▪ 25 gram harga Rp 13.050.000
▪ 50 gram harga Rp 26.050.000
▪ 100 gram harga Rp 52.050.000
▪ 250 gram harga Rp 130 juta
▪ 1 kilogram harga Rp 519 juta